Senin, 05 Desember 2011

Butuh les bimbel? Ada gunanya gak sih?


Butuh les bimbel? Ada gunanya gak sih?

Ada gunanya gak sih kita ikutan les seperti di bimbel gitu?
Sedikit banyak sih, pasti ada gunanya. Tapi masalahnya maksimal gak? Bayangkan saja kita membayar jutaan rupiah untuk bimbel tapi hasilnya kurang maksimal?
Kalau dilihat dari apa-apa yang diiklankan oleh bimbel, pasti yang diiklankan adalah kelulusan Ujian Nasional atau peserta didiknya yang berhasil lolos ke PTN (perguruan tinggi negeri). Ditambah lagi kelebihan-kelebihan bimbel yang ditawarkan dengan segala keunikannya. (ada yang ngiklanin uang kembali hingga 100% bahkan lebih dan ada juga yang pasang iklan bisa menjawab tanpa melihat soal – dahsyat.)
Tapi dari iklannya, gak ada yang nampilin prestasi peserta didiknya yang cemerlang ketika mengikuti perkuliahan (biasanya sih yang ini buat sekolah, tapi buat bimbel, ngakuin juga gak apa kan. Orang bisa lulus UN dan lolos SNMPTN aja diakui sama bimbel, dan sekolah kayak gak punya peran sama sekali.).
Di bimbel juga biasanya diberi cara cepat mengerjakan soal dimana hal ini dapat sangat berbahaya apabila kita tidak paham dengan dasarnya. Kebanggan lolos ke PTN jadi bikin stress karena terseok-seok dengan materi perkuliahan karena tahunya Cuma cara cepat dan cara singkat mengerjakan soal tanpa tahu dasarnya. Padahal materi kuliah merupakan materi yang isinya sangat mendasar dan bergantung pada kemampuan pemahaman kita, kayaknya – hehe…
Aku gak bilang kalau bimbel itu percuma. Ada gunanya kok. Aku juga ikut bimbel. Cuma masalahnya kita disiplin dan sunguh-sungguh ngikutin gak? Percuma aja kalau jarang masuk. Mending uang bimbelnya buat beli buku soal dan pembahasaan aja.
Silakan pilih bimbel yang paling bagus iklannya, paling banyak cabangnya, dan paling banyak keberhasilannya serta paling inovatif.
Pertanyaannya, apakah CABANG BIMBEL yang kalian ikuti memang sesuai dengan yang diiklankan? (seperti tentor atau staff pengajarnya yang bener-bener sesuai iklan?)
Ini hanya unek-unek saja. Kalau terlihat sok tahu. Memang di artkel ini saya belagak tahu segalanya. Tapi kalau ada yang salah. Mohon dimaafkan dan diluruskan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Leeyhae.blogspot.com and Powered by Blogger.